Translate

3.2.13

Yuk, Diet Smartphone !


Banyak hal menarik yang bisa ditemui di jagad maya, salah satunya adalah situs (website) yang memuat berita.  Nah, situs berita ini bisa dikelompokkan menjadi bermacam-macam tipe ada tipe sangat serius, tipe serius, tipe pura-pura serius, tipe kadang serius – kadang nggak (plin-plan gitu), situs yang  diam-diam  tapi  serius  banget, dan tipe serius tapi mesra.  

Dari beberapa situs berita yang cukup top ada satu yang  familiar bagiku, yah kita bisa sebut saja dengan  situs “yuhuuadaorangdirumah.com”. Sengaja tidak memberi nama asli situs tersebut, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan bo. Situs  ini mewakili segala tajuk berita, cakupannya mulai politik, ekonomi, hiburan, lifestyle, gossip, hingga berita kurang penting yang biasanya sangat menggelikan. Salah satunya saya temukan beberapa hari atau pekan yang lalu. Sebuah photo obama bersama keluarga dalam acara kenegaraan. Salah satu foto yang umurnya sekitar empat tahun yang lalu, obama sedang memeluk anaknya sambil mendengarkan pidato dengan sabar bersama keluarga, sedangkan foto yang satunya di masa kini dengan tema acara yang sama yaitu, obama, istri beserta anak-anaknya hanya sibuk mengutak-atik ponsel cerdas.

Kehadiran teknologi internet telah banyak terintegrasi dalam kehidupan kita. Mulai dari informasi literatur pengetahuan umum yang dapat diperoleh dengan mudah, murah dan akses yang cepat, cukup hanya dengan satu klik. Dan ini, belum termasuk fasilitas internet untuk interaksi sosial seperti email, facebook, twitter dan lain lain. Dan yang lebih menakjubkan semua hal tadi dapat diaptasi secara nirkabel, dalam fitur ponsel cerdas.  How amazing right ?

Banyak hal yang telah berubah semenjak kehadiran ponsel cerdas, salah satunya adalah gaya hidup. Segala aktifitas, hasrat, impian, dapat kita beritakan kepada dunia, kapan, dimana bahkan dengan siapa kita melakukannya. Dan, magnet tersebut menjadi penyebab utama yang membuat beberapa orang menjadi sulit terlepas dari ponsel cerdas tersebut. Sebagai contoh mungkin, saat janjian makan siang bersama teman yang selalu menjadi perdebatan seru tentang sepakbola atau topik lainnya, cenderung menjadi tidak seru setelah ponsel cerdas hadir.  

Sadar atau tidak sadar teknologi yang kaya informasi membuat interaksi sosial secara nyata terhadap sahabat, teman dekat, bahkan keluarga menjadi minim, apalagi jika sobat termasuk dalam kategori orang yang sulit melakukan diet ponsel cerdas, seorang businessman, dan waktu bersama keluarga, hanya merupakan moment sibuk berinteraksi dengan teman di jaring sosial yang bahkan bertemu saja belum pernah. 

Ponsel cerdas diciptakan untuk digunakan secara cerdas dan bijaksana. Maka, gunakanlah dengan cerdas dan bijaksana dengan porsi yang tidak berlebihan. Mungkin sobat bisa mengatur silent mode, untuk fitur yang tidak terlalu penting, agar tidak terintimidasi untuk mengecek saat sedang berada di kantor atau di rumah bersama keluarga. Jadi, jika ingin menggunakan tinggal diaktifkan kembali saat sedang istirahat atau sedang idle. Nah, dengan melakukan diet ponsel cerdas, Insya Allah waktu buat kerjaan dan keluarga juga menjadi lebih produktif lagi

Met hari minggu, sob ..

Sumber gambar di sini