Translate

23.3.10

Australia (film) : Ah !..manisnya

sumber gambar : wikipedia


"Setiap manusia ingin diperlakukan dan mempunyai kedudukan yang sama dimanapun dan kapanpun itu" 



Sengaja aku mengambil tagline tentang persamaan hak berhubung tema film kolosal ini sendiri mengenai diskriminasi sosial penduduk pendatang (kulit putih) terhadap penduduk asli, Suku Aborigin. 
Film percintaan ini sendiri mengambil setting berlatar belakang perang dunia kedua dan kejadian saat perang berkecamuk di  kota Darwin, Australia atas pendudukan jepang. 


The Film

Jalan cerita film ini dibuka dengan narasi seorang anak bernama nullah, nullah sendiri dilahirkan dari ibu yang berdarah aborigin dan ayahnya berkulit putih yang tidak diketahui siapa.
Ceritapun berlanjut saat kota tersebut kedatangan seorang wanita cantik berkulit putih kebangsaan inggris bernama Lady Sarah Asley (Nicole Kidman), yang belakangan dipanggil nyonya besar oleh nullah. Latar belakang kedatangan Lady Sarah ke Darwin, Australia tak lain untuk melihat suaminya yang berada jauh di Faraway Downs.
Tak dinyana kesampaian Lady Sarah di tanah Australia, Faraway Downs disambut oleh berita kematian suaminya Lord Asley yang rumornya oleh penduduk setempat  mati di tangan seorang tabib atau dukun tua suku aborigin.  
Tak ingin berlarut-larut dalam kesedihan, Lady Asley  bersama Drover (Hugh Jackman) Cs kemudian berinisiatif  menyelesaikan pekerjaan mendiang suaminya  untuk menetap di faraway downs serta membawa seluruh ternak yang berada di Faraway Downs untuk dijual ke kota Darwin. Ironisnya keputusan jelas-jelas  ini membuat kalang kabut Carney, seorang yang memonopoli perdagangan ternak setempat dan ingin memiliki faraway down. maka ditugaskanlah manager ternaknya Fletcher untuk untuk menghalau kedatangan rombongan ternak Lady Asley.



Opinion

Jujur, walaupun fim ini berlatar belakang tentang sejarah dan perang dunia kedua serta fim kolosal percintaan bukanlah termasuk genre yang aku sukai,  namun film yang mengangkat tentang kemanusiaan ini memiliki alur cerita, visual effect dan sederetan pemain serta theme song yang mampu membuat sobat bertahan hingga akhir cerita. Sungguh,  film ini patut untuk masuk di dalam daftar list yang harus ditonton.


Over The Rainbow (OST Wizard of OZ)

"Aku akan bernyanyi untukmu !"sahut nullah dan Lady Asley
Sebenarnya aku lebih suka versi saxaphone Kenny G, tapi mendengar lagu ini dalam kebisuan nullah saat menonton wizard of oz dan bertepatan saat Drover sang pengantar ternak berjalan menuju lantai dansa untuk berdansa dengan Lady asley ditengah seluruh pasang mata para bangsawan australia yang  tertuju memandang sinis, iri bahkan .....Ah ! manisnya..Ini adalah moment yang paling aku sukai dalam film ini.  

Somewhere over the rainbow

Way up high
In the land that I heard of
Once, once in a lullaby

Tidak ada komentar: